RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan
|
:
|
SDLB (tunarungu) .........................
|
Kelas/ Semester
|
:
|
I/1 (Satu)
|
Tahun Pelajaran
|
:
|
2015 /2016
|
Tema/ Subtema/ PB
|
:
|
Diriku/ Aku dan Teman Baruku/ 1
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x Pertemuan
|
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga.
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
[mendengar, melihat, membaca] dan
menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan
kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, dan logis dalam karya yang
estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. Kompetensi
Dasar (KD)/Indikator
PPKn
Kompetensi
dasar
3.2
Mengenal tata tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di
rumah dan di sekolah.
Indikator
3.2.1
Mengenal aturan permainan di sekolah.
3.2.2
Mengidentifikasi aturan permainan di sekolah.
Kompetensi
Dasar
4.2 Melakukan tata tertib dan aturan yang berlaku dalam
kehidupan sehari-hari di rumah dan di sekolah.
Indikator
4.2.1
Menjalankan
peraturan pada permainan di sekolah.
4.2.2
Mematuhi
peraturan yang ada di sekolah.
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar
3.4
Mengenal tentang diri / personal tentang keluarga dengan bantuan guru dalam
Bahasa Indonesia.
Indikator
3.4.1
Memahami makna memperkenalkan diri.
3.4.2
Mengidentifikasi cara-cara memperkenalkan diri.
Kompetensi
Dasar
4.4 Menyampaikan teks cerita diri / personal tentang keluarga
dengan bantuan guru dalam Bahasa Indonesia.
Indikator
4.4.1
Memperkenalkan
diri dengan menyebutkan nama panggilan.
4.4.2
Menyebutkan
nama temannya.
PJOK
Kompetensi
Dasar
3.3
Mengetahui konsep gerak dasar manipulatif sesuai dengan dimensi anggota tubuh
yang digunakan, arah, ruang, gerak, hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk
permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator
3.3.1
Memahami gerakan melempar.
3.3.2
Mengidentifikasikan gerak melempar bola.
Kompetensi
Dasar
4.3 Mempraktekkan pola gerak dasar manipulatif sesuai dengan
dimensi anggota tubuh yang digunakan, arah, ruang, gerak, hubungan dan usaha
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau permainan tradisional.
Indikator
4.3.1
Melakukan
gerakan melempar bola.
4.3.2
Melakukan
gerakan menangkap bola.
SBdP
Kompetensi
Dasar
3.1
Mengenal cara dan hasil karya seni ekspresi.
Indikator
3.1.1
Mengenali bentuk kartu nama.
3.1.2
Mengidentifikasikan kartu nama.
Kompetensi
Dasar
4.1
Menggambar ekspresi dengan mengolah garis, warna, dan bentuk berdasarkan hasil
pengamatan di lingkungan sekitar.
Indikator
4.1.1
Membuat kartu nama sederhana.
4.1.2
Memberi hiasan pada kartu nama.
C. Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui permainan, siswa dapat melafalkan secara oral dan
SIBI nama panggilan masing-masing dengan benar.
2. Setelah mengikuti percakapan, siswa dapat memperkenalkan
diri dengan melafalkan nama panggilan dengan benar.
3. Dengan melakukan percakapan, siswa
dapat menghias kartu nama dengan trampil dan kreatif.
D. Materi
1. Pertemuan pertama:
a. Memperkenalkan diri
b. Menebalkan tulisan sesuai nama siswa
c. Menghias kartu nama
2. Pertemuan kedua:
a.
Mengisyaratkan
nama diri siswa
b.
Menghias
kartu nama
E. Metode
dan Pendekatan
1.
Pendekatan
saintifik (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/eksperimen,
mengasosiasi/menalar, dan mengkomunikasikan).
2. Metode : ceramah, demonstrasi, tanya
jawab, dan pemberian tugas.
F. Media
dan Alat
1.
Bola
plastik
2.
Kartu
nama
3.
Karton
dan pensil warna
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan pertama:
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Pada
awal pelajaran, guru mengucapkan salam kepada siswa.
2.
Siswa
mengucapkan salam kembali dengan bimbingan guru.
3.
Guru
membimbing siswa untuk berdo’a.
|
10 menit
|
Inti
|
1. Siswa
memperhatikan teks bacaan yang dibacakan guru.
2. Siswa
membaca teks bacaan dengan cara menirukan guru.
3. Siswa
bersama guru mempercakapkan tentang nama diri siswa.
4. Siswa
melakukan cara memperkenalkan diri dengan bimbingan guru.
5. Guru
melemparkan bola plastik kepada salah satu siswa, kemudian siswa yang
mendapat bola diminta untuk memperkenalkan diri di depan kelas.
6. Demikian
seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
7. Setelah
semua memperkenalkan diri, siswa menunjukkan kartu nama sesuai dengan namanya
masing-masing.
8. Kemudian
guru menuliskan nama siswa dengan garis putus-putus, siswa menebalkan tulisan
tersebut.
9. Kemudian
siswa diminta menghias kartu namanya di karton dan mewarnai kartu nama mereka
masing-masing.
10. Siswa
mempresentasikan hiasan kartu nama yang dibuatnya di depan kelas.
|
130 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa merefleksikan pengalaman belajar tentang memperkenalkan diri dengan
kartu nama buatannya.
2.
Guru menjelaskan bahwa kartu nama tersebut akan digunakan selama berada
di sekolah atau dipajang di kelas.
3.
Guru membimbing siswa untuk berdo’a.
4.
Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
10 menit
|
Pertemuan kedua:
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Pada
awal pelajaran, guru mengucapkan salam kepada siswa.
2.
Siswa
mengucapkan salam kembali dengan bimbingan guru.
3.
Guru
membimbing siswa untuk berdo’a.
4.
Guru
menanyakan kepada siswa tentang pelajaran hari sebelumnya.
|
10 menit
|
Inti
|
1. Siswa
berada pada posisi setengah lingkaran. Guru mencontohkan cara mengisyaratkan
nama diri siswa.
2. Siswa
mengikuti isyarat nama diri yang dicontohkan guru.
3. Kegiatan
ditutup dengan merefleksi tentang pentingnya saling mengenal dengan
percakapan.
4. Siswa
memperhatikan contoh kartu nama.
5. Siswa
maju ke depan kelas untuk mengambil kartu namanya yang belum dihias.
6. Sebelum
menghias kartu nama, siswa diminta menebalkan namanya pada kartu nama.
7. Siswa
berlatih menghias kartu nama dengan bimbingan guru.
|
130 menit
|
Penutup
|
1.
Siswa dan guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.
2.
Guru membimbing siswa untuk berdo’a.
3.
Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
|
10 menit
|
H. Penilaian
1. Pengamatan Sikap
Mengisyaratkan nama
diri
No
|
Nama
|
Percaya Diri
|
Toleransi
|
Mau Berbagi
|
|||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2. Penilaian Pengetahuan
Instrumen
penilaian: tes lisan
Memasangkan foto
diri dengan tulisan (nama)
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Mengidenti-fikasi
gambar diri dengan tulisan.
|
Mampu
mengidentifi-kasi gambar diri dengan tulisan.
|
Kurang mampu
mengidentifi-kasi gambar diri dengan tulisan.
|
Belum mampu
mengidentifi-kasi gambar diri dengan tulisan.
|
Tidak mampu
mengidentifi-kasi gambar diri dengan tulisan.
|
3. Penilaian Keterampilan
a. Unjuk kerja
Memperkenalkan diri
lewat permainan.
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kemampuan
memperkenal-kan diri
|
Siswa sangat
mampu melafalkan nama lengkap dan nama panggilan.
|
Siswa mampu melafalkan
nama lengkap dan nama panggilan.
|
Siswa kurang
mampu melafalkan nama lengkap dan nama panggilan.
|
Siswa belum mampu
melafalkan nama lengkap dan nama panggilan.
|
2
|
Kemampuan
mensibikan nama panggilan
|
Siswa mampu
mensibikan nama panggilan dengan benar.
|
Siswa mampu
mensibikan nama panggilan tetapi kurang benar.
|
Siswa mampu
mensibikan nama panggilan tetapi tidak benar.
|
Siswa belum mampu
mensibi-kan nama panggilan.
|
3
|
Kemampuan
menebalkan kata
|
Mampu menebalkan
kata dengan sangat rapi.
|
Mampu menebalkan
kata dengan rapi.
|
Mampu menebalkan
kata kurang rapi.
|
Belum mampu menebal-kan kata.
|
b. Penilaian: produk
Menghias kartu nama
No
|
Kriteria
|
Sangat Bagus
|
Bagus
|
Cukup
|
Perlu Bimbingan
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Kreativitas
menghias kartu nama
|
Kualitas,
keunikan, keaslian, dan kerincian gagasan sangat bagus.
|
Kualitas,
keunikan, keaslian, dan kerincian gagasan bagus.
|
Kualitas,
keunikan, keaslian, dan kerincian gagasan cukup bagus.
|
Kualitas,
keunikan, keaslian, dan kerincian gagasan kurang bagus.
|
2
|
Keterampilan
menghias kartu nama
|
Kualitas, bentuk,
warna, dan tekstur sangat bagus.
|
Kualitas, bentuk,
warna, dan tekstur bagus.
|
Kualitas, bentuk,
warna, dan tekstur cukup bagus.
|
Kualitas, bentuk,
warna, dan tekstur kurang bagus.
|
Kulonprogo,
.........................
Mengetahui,
Kepala SLB ............. Guru
Kelas
.................................... .......................................
NIP NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar